Saturday, December 9, 2017

The Cranberries


The Cranberries adalah band Irlandia yang didirikan di Limerick tahun 1989 petama kali dengan nama Cranberry Saw Us. Band ini terdiri dari Dolores O'Riordan (Vokal), Noel Hogan (Gitar), Mike Hogan (Bassis), dan Fergal Lawler (Drummer).

Pada tahun 1989, dua orang bersaudara Mike (Bass) dan Noel Hogan (Gitar) membentuk grup band The Cranberry Saw Us dengan drummer Fergal Lawler dan penyanyi Naill Quinn, di sebuah kota kecil di Irlandia, Limerick.

Beberapa tahun kemudian sang vokalis Quinn memutuskan untuk keluar dari grup dan manajemen The Cranberries ingin memakai vokalis perempuan.

Seorang vocalis cewek bernama Dolores O'Riordan, kemudian merespon audisi itu dengan mengirimkan lagu hasil karya nya, sekaligus contoh rekaman suaranya. Ketiga anggota band itu tidak perlu berpikir lama untuk  menerima, dan memasukan Dolores, pada posisi vocalis.

Album perdana mereka ini langsung laris manis di pasaran. Bukan hanya di negara mereka, dan daratan Inggris Raya saja, album ini berhasil merangsek ke papan atas di Amerika, yang masih di anggap sebagai barometer persaingan musik rock dunia, dengan berhasil terjual sebanyak 4 juta copy di negeri paman sam. Single, "Dream", dan "Linger", juga langsung merajai tangga-tangga lagu di berbagai negara.

Pada lagu "Dream", penggemar musik Rock, di suguhi oleh tehnik oleh vocal yang sangat dahsyat dari Dolores. Tehnik falseto, yang di gunakan untuk menggapai nada-nada tinggi pada lagu itu, dengan enteng nya di libas oleh kemampuan olah vocal sang vocalis, yang memang sangat dahsyat.

Kemudian The Cranberries menelurkan album berikutnya, "No Need To Argue", yang dirilis pada tanggal 3 Oktober 1994. Pada album ini kesuksesan lebih besar mereka raih. Lagu andalan pada album ini, yang bercerita tentang perang saudara di negeri mereka, "Zombie", menjadi mega hits, dan menjadi nomor klasik bagi band ini.



Zombie

Another head hangs lowly
Child is slowly taken
And the violence, caused such silence
Who are we mistaken?

But you see, it's not me
It's not my family
In your head, in your head, they are fighting
With their tanks, and their bombs
And their bombs, and their guns
In your head, in your head they are crying

In your head, in your head
Zombie, zombie, zombie-ie-ie
What's in your head, in your head
Zombie, zombie, zombie-ie-ie, oh

Another mother's breaking
Heart is taking over
When the violence causes silence
We must be mistaken

It's the same old theme
Since nineteen-sixteen
In…


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/The_Cranberries
https://www.kompasiana.com/trihito/the-cranberries-band-rock-tersukses-dari-irlandia_5500fee6a3331198145108c6

No comments:

Post a Comment

Related Posts