Tuesday, May 14, 2013

Guns n Roses


Guns N 'Roses adalah band hard rock Amerika yang dibentuk di Los Angeles, California, pada tahun 1985. Anggota awal terdiri dari vokalis Axl Rose, gitaris Slash, Izzy Stradlin gitaris, bassist Duff McKagan dan drummer Steven Adler. 



Sekarang Axl Rose adalah satu-satunya anggota asli yang tersisa, dalam formasi grup band terkini yang terdiri dari keyboardist Dizzy Reed, gitaris DJ Ashba dan Ron "Bumblefoot" Thal, dan gitaris Richard Fortus, bassist Tommy Stinson, drummer Frank Ferrer dan keyboardist Chris Pitman. 

Band ini merilis enam album, dengan total penjualan lebih dari 100 juta album di seluruh dunia, termasuk 45 juta di Amerika Serikat. Menjadikan mereka salah satu band terlaris di dunia sepanjang masa.



Setahun setelah peluncuran album pertama Appetite Guns N 'Roses' for Destruction (1987) mencapai peringkat nomor 1 di Billboard 200, dengan hit andalan mereka "Sweet Child o 'Mine". 

Album ini telah terjual lebih dari 28 juta kopi di seluruh dunia, termasuk 18 juta unit yang terjual di Amerika Serikat, menjadikannya album debut terlaris sepanjang masa di AS.

Keberhasilan debut album mereka diikuti oleh delapan lagu pada album kedua GN 'R Lies (1988). 

Kemudian album kembar Use Your Illusion I dan Use Your Illusion II (1991) berada pada peringkat Nomor 1 di Billboard 200 dan telah terjual total 35 juta kopi di seluruh dunia,  termasuk 14 juta unit terjual di Amerika Serikat sendiri. 

Album "The Spaghetti Incident?" (1993) adalah album terakhir mereka bersama Slash dan McKagan. 

Setelah lebih dari satu dekade dan gonta-ganti formasi, Guns N 'Roses merilis album Chinese Democracy (2008) yang sudah lama ditunggu-tunggu, perkiraan biaya produksi mencapai 14 juta dolar, membuat album ini menjadi album yang paling mahal yang pernah diproduksi di sejarah musik. 

Guns N 'Roses dianggap telah menghidupkan kembali popularitas mainstream musik rock pada saat musik populer didominasi oleh musik dansa dan pop metal. 1980-an dan awal 1990-an tahun telah digambarkan sebagai periode di mana mereka melahirkan "hedonistik pemberontakan" mengingatkan pada awal Rolling Stones, reputasi mereka menjadikan mereka mendapat julukan "The Most Dangerous Band in the World" . 

Formasi (1985-1986)
Guns N 'Roses dibentuk pada Maret tahun 1985 oleh penyanyi Axl Rose dan Izzy Stradlin gitaris Hollywood Rose, bersama dengan gitaris Tracii Senjata, bassis Ole Beich, dan drummer Rob Gardner dari band LA Guns

Nama band ini diciptakan dengan menggabungkan kedua nama kelompok sebelumnya. Dalam waktu yang singkat Beich digantikan oleh Duff McKagan, sementara kurangnya personel Guns digantikan oleh Slash. Gardner berhenti segera setelah dan digantikan oleh Steven Adler. Stradlin sebelumnya bermain dengan Slash di Hollywood Rose, sementara Slash telah bermain dengan McKagan dan Adler di Road Crew.


Appetite for Destruction dan GN 'R Lies (1987-1989)

Gitaris Slash dan penyanyi Axl Rose adalah wajah yang paling umum dari band selama akhir 1980. Awal 1990-an adalah masa kejayaan Guns N 'Roses' dengan album debut Appetite for Destruction yang dirilis pada bulan Juli 1987. Album ini mengalami perubahan pada desain sampul asli yang sebelumnya dibuat oleh Robert Williams yang menggambarkan adegan serangan robot raksasa bergigi belati dan seorang pemerkosa yang kemudian dianggap terlalu kontroversial. 


File:Appetitefordestruction.jpg

Kemudian direvisi oleh Bill White, seorang seniman tato, yang awalnya dirancang untuk tato Rose. Desain ini menampilkan masing-masing tengkorak lima anggota band diatas di kayu salib. Rose kemudian menegaskan dengan plakat Gold dan Platinum yang dikeluarkan oleh RIAA dengan menggunakan cover art asli.


Di AS, "Welcome to the Jungle" dikeluarkan sebagai single pertama dari album dengan disertai video musik. Awalnya, album dan single bertahan selama hampir satu tahun tanpa berperforma yang cukup baik, tapi ketika pendiri Geffen, David Geffen, diminta untuk memberikan dukungan bagi band, ia meyakinkan eksekutif MTV untuk memainkan "Welcome to the Jungle". 

Meskipun video itu awalnya hanya dimainkan sekali saja pada pukul 4 pagi pada hari Minggu, penggemar heavy metal dan penggemar hard rock yang memperhatikan dan meminta video itu ditampilkan berkali-kali. Lagu ini juga ditampilkan dalam 1988 Dirty Harry Film The Dead Pool, dibintangi Clint Eastwood, dan anggota band memiliki penampilan cameo dalam film tersebut.



"Sweet Child o 'Mine" adalah single kedua dari album pertama di AS, sebuah lagu cinta yang ditulis oleh Rose sebagai sebuah puisi untuk Erin Everly, putri Don Everly dari Everly Brothers. Karena keberhasilannya dan daya tarik dari lagu, "Sweet Child o 'Mine" serta video musik yang sering di-request untuk diputar di radio dan MTV, menjadikan sukses besar selama musim panas tahun 1988 dan mencapai puncak tangga lagu di AS. 

Setelah sukses dengan "Sweet Child o 'Mine," "Welcome to the Jungle" telah diterbitkan kembali sebagai peringkat di No1 dan No 7 di Amerika Serikat. Pada saat "Paradise City" dan videonya mengudara, dan memuncaki tangga lagu pada No 5 di AS. Appetite for Destruction telah mencapai Nomor 1 di Billboard 200. Sampai saat ini, album ini telah terjual lebih dari 28 juta kopi di seluruh dunia, termasuk 18 juta unit terjual di Amerika Serikat, yang membuatnya debut album terlaris sepanjang masa di AS



Album berikutnya Guns N 'Roses', GN 'R Lies, dirilis pada bulan November 1988. Ini termasuk empat rekaman dari tahun 1986 EP Live, serta empat lagu akustik baru. "Patient", salah satu singel yang dirilis dari GN 'R Lies, memuncaki tangga lagu pada No 4 di AS, sementara album itu sendiri mencapai No 2 di Billboard 200. Lagu "One in a Million" tuduhan mengangkat rasisme dan homophobia. 

Use Your Illusion dan "The Spaghetti Incident?" (1990-1993)


Use Your Illusion I dan II

 
Pada tahun 1990, Guns N 'Roses kembali ke studio untuk memulai rekaman mereka yang paling ambisius. Selama sesi rekaman "Civil War", drummer Steven Adler tidak bisa melakukan dengan baik karena perjuangannya melawan ketergantungan terhadap kokain dan kecanduan heroin. Akibatnya, Adler dipecat pada 11 Juli 1990, dan digantikan oleh drummer Matt Sorum, yang telah bermain sebentar dengan The Cult.

Beberapa bulan sebelumnya, keyboardist Dizzy Reed menjadi anggota keenam kelompok sebagai anggota. 

Dengan musik yang cukup untuk dua album, band ini merilis Use Your Illusion I dan Use Your Illusion II pada tanggal 17 September 1991. Album ini merajai selama 108 minggu di chart.



Guns N 'Roses disertai Gunakan Your Illusion album dengan banyak video, termasuk "Dont Cry", "November Rain" dan "Estranged" - beberapa video musik paling mahal yang pernah dibuat. Hit balada "November Rain" (No. 3 AS) menjadi video yang paling diminta di MTV, akhirnya menang 1992 MTV Video Music Award untuk sinematografi terbaik. 


"The Spaghetti Incident?"



Pada tanggal 23 November tahun 1993, Guns N 'Roses merilis koleksi msuik punk dan rock glam yang tercakup pada album berjudul "The Spaghetti Incident?". 

Pada masa album "The Spaghetti Incident?" ini timbul ketidak-cocokan sehingga menyebabkan peningkatan ketegangan dalam band. 



Pada bulan Desember tahun 1994, Guns N 'Roses merilis sebuah rekaman dari lagu grup   Rolling Stones' yang berjudul "Sympathy for the Devil". Lagu ini menjadi soundtrack film yang Interview with the Vampire. Ini adalah penampilan terakhir Guns N 'Roses dengan performa Slash sebagai lead guitar, Duff McKagan pada bass, dan Matt Sorum pada drum. 

"Sympathy for the Devil" yang disertai ketegangan antara Slash dan Rose, menyebabkan Slash resmi keluar dari band pada bulan Oktober 1996. Ia digantikan oleh gitaris Nine Inch Nails, Robin Finck, pada Januari 1997, yang menandatangani kontrak dua tahun dengan band pada Agustus 1997, membuatnya sebagai anggota resmi. Kepergian Slash diikuti kemudian oleh Matt Sorum, yang dipecat pada bulan April 1997 dan kemudian oleh bassist Duff McKagan, yang mengundurkan diri dari band pada bulan Agustus 1997. 


Chinese Democracy (1999-2011)



Pada tahun 1999, band ini merilis sebuah lagu baru, "Oh My God", sebagai soundtrack film End of Days. Rilis lagu ini dimaksudkan untuk menjadi pembuka untuk album baru mereka yang berjudul Chinese Democracy.

Chinese Democracy sempat dikabarkan akan rilis pada tahun 1994, dengan Rose satu-satunya anggota asli masih dalam band. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada tahun 2005 oleh The New York Times, Rose diduga menghabiskan $ 13 juta studio pada saat itu.

Gaya dan pengaruh

Guns N 'Roses telah mempengaruhi banyak band modern rock antara lain Avenged Sevenfold, Mother Love Bone (yang akhirnya akan menjadi Pearl Jam), Buckcherry, Dir En Grey, X Japan, Hinder, The Darkness, Limp Bizkit dan Manic Street Preachers.

Pada tahun 2002, majalah Q memasukkan Guns N 'Roses dalam daftar mereka dari "50 Band Harus Dilihat Sebelum Anda Mati".

Jaringan televisi VH1 memberi peringkat Guns N 'Roses ke-9 dalam "100 Greatest Artists of Hard Rock", dan juga peringkat 11 pada "Top 50 band"

Appetite for Destruction muncul di majalah Rolling Stone edisi khusus "The 500 Album Greatest of All Time"

Pada tahun 2004, majalah Rolling Stone memberi peringkat Guns N 'Roses No 92 pada daftar mereka dari "100 Greatest Artists of All Time"

"Welcome to the Jungle" juga telah terpilih sebagai "Best Song Hard Rock"
Guns N 'Roses telah dilantik sebagai Rock and Roll Hall of Fame pada 14 April 2012.

No comments:

Post a Comment

Related Posts